Penyebab Sering Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki

Sesudah duduk bersila dalam waktu yang lama, tiba-tiba tidak bisa merasakan apapun pada kaki atau seperti mati rasa. Kondisi ini dinamakan kesemutan atau istilah medisnya yaitu parestesia.

Penyebab sering kesemutan sangat beragam, ada yang bersifat sementara dan ada juga yang sifatnya berkepanjangan. Kesemutan terjadi ketika ada anggota tubuh yang mengalami tekanan dalam waktu yang lama. Hal ini akan membuat pasokan darah ke saraf pada daerah tersebut menjadi terhambat.

Merasakan kesemutan pada kaki sesudah duduk bersila atau karena memakai sepatu yang terlalu kecil. Kesemutan pada tangan juga bisa dirasakan seperti ketika tidur dengan posisi kepala menindih lengan.

Sifatnya yang sementara membuat kondisi kesemutan ini akan mereda dengan sendirinya apabila dibebaskan area yang kesemutannya dari tekanan, contohnya meluruskan kaki sesudah duduk bersila atau melepaskan tangan yang tertindih. Dengan begitu aliran darah akan lancar kembali.

Bukan hanya tekanan saja, penyebab lain dari kesemutan yaitu karena dehidrasi dan hiperventilasi, yaitu suatu kondisi pada saat bernapas terlalu cepat. Penyebab lainnya yaitu penyakit Raynaud dapat mempengaruhi pasokan darah ke area tertentu pada tubuh seperti jari-jari tangan dan kaki.

Penyakit seperti ini biasanya akan menyerang ketika penderita sedang stres, gelisah, atau berada diruangan yang suhunya dingin.

Informasi Terkait :

Kesemutan yang berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti akibat menderita diabetes, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor otak, kanker, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis atau sklerosis ganda, CTS (carpal tunnel syndrome), dan kompresi saraf ulnar.

Obat-obatan yang dikonsumsi juga bisa menjadi pemicu kesemutan, seperti obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi penyakit kanker payudara dan limfoma, obat pencegah kejang, dan antibiotik.

Terpapar zat beracun yang bisa mengakibatkan kesemutan seperti merkuri, talium, timbal arsenik, dan beberapa bahan kimia industrial lainnya.

Faktor lain yang dapat mengakibatkan kesemutan berkepanjangan yaitu malanutrisi atau kondisi tubuh ketika kekurangan nutrisi penting akibat pola makan yang buruk. Kekurangan vitamin B12, dan akibat konsumsi minuman alkohol secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *