Gejala dan Bahaya Syaraf Kejepit

Syaraf kejepit atau yang dikenal dengan istilah Hernia Nucleus Pulposus merupakan penyakit yang timbul akibat bantalan lunak antara ruas tulang belakang (soft gel disc) mengalami tekanan dan pecah, sampai terjadi penyempitan dan terjepitnya urat-urat syaraf yang melalui tulang belakang.

Gejala syaraf kejepit yang sering timbul yaitu rasa nyeri pada bagian pinggang. Akan tetapi tidak semua nyeri pada bagian pinggang adalah syaraf kejepit. Ada beberapa gejala lain yang menyertai dan harus diwaspadai.

Biasanya kalau dipinggang ada rasa kesemutan. Harus ada rasa menjalar sesuai perjalanan saraf. Kalau dibagian leher, bisa bagian tangan yang kesemutan. Jadi harus memberikan gejala syaraf bukan nyeri pinggang biasa.

Syaraf kejepit ini bisa terjadi pada semua usia, usia muda, dewasa aktif. Hal ini terkain dengan jenis pekerjaan serta beban yang harus ditanggung bagian tubuh tertentu.

Syaraf kejepit juga bisa terjadi pada usia tua, ada faktof degeneratif. Dan kejepin ini bisa disegala penjuru, mulai depan, belakang, dan samping.

Supaya tidak semakin parah, sebaiknya segeralah periksakan diri saat mulai merasakan gejala seperti diatas. Apabila terlambat menyadari gejalanya, maka bisa jadi operasi akan menjadi solusi akhir. Dan saat ini sudah ada teknik pembedahan dengan tindakan minimal invasive, yang disebut PLDD atau Percutaneous Laser Disc Decompression.

Tindakan ini cukup aman dan tidak membutuhkan bius total, melainkan hanya pembiusan lokal ditempat jarum ditusukkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *